adsencamp

SELAMAT DATANG DI @DUR HIDUP SEGAN MATI TAK MAU. KAMI MENGUCAPKAN MINAL AIDIN WALFA'IZIN MOHON MAAF LAHIR BATHIN

Terjemahan

Google Translate
Arabic Korean Japanese Chinese Simplified
Russian Portuguese English French
German Spain Italian Dutch
KERJA KERAS, KERJA IKHLAS, KERJA TUNTAS

Minggu, 14 Agustus 2011

PUASA atau SHAUM

Puasa menurut bahasa adalah menahan diri dari bicara/ ghibah (membicarakan keburukan orang lain) ; sedangkan puasa atau shiyam secara istilah dijelaskan Seperti yang terdapat dalam firman Allah pada surat Maryam:  فَكُلِي وَاشْرَبِي وَقَرِّي عَيْنًا فَإِمَّا تَرَيِنَّ مِنَ الْبَشَرِ أَحَدًا فَقُولِي إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنسِيًّا 
artinya; Maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah: "Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Tuhan Yang Maha Pemurah, maka aku tidak akanberbicara dengan seorang Manusia pun pada hari ini".,


ARTI ATAU MAKSUD DARI MENAHAN DIRI :
  1. Menahan diri dari makan, artinya: memasukkan sesuatu benda makanan ke dalam mulut, terus disalurkan melalui lubang tenggorokan. Jadi batasan yang disebut makan ialah bila sesuatu benda sudah melalui lubang tenggorokan.
  2. Menahan diri dari minum, artinya: memasukkan sesuatu benda cairan ke dalam mulut, terus disalurkan melalui lubang tenggorokan. Juga batasannya disebut minum apabila benda cairan tersebut sudah melewati tenggorokan. Dalam hal ini untuk air ludah tidak termasuk.
    Kesimpulan dari hal di atas maka bila menggosok gigi, berkumur, membersihkan gigi, dll, selama tidak memasukkan sesuatu benda melewati tenggorokan maka puasanya sah-sah saja.
  3. Menahan diri dari hubungan suami isteri atau bersetubuh. Dilarang bersetubuh ketika berpuasa, karena berpuasa dilaksanakan pada siang hari, sedangkan malam harinya tidaklah ada hukumnya yang melarang.  

    MACAM-MACAM PUASA

  1. Puasa fardhu `ain
    ialah puasa yang wajib dikerjakan setiap setahun sekali yang lamanya berpuasa sebulan penuh dan disebut puasa Ramadhan, sebagai mana firman Allah swt dalam Al-qur'an surat al-baqarah ayat 183-185; yang berbunyi :
    يا أيها الذين آمنوا كتب عليكم الصيام كما كتب على الذين من قبلكم لعلكم تتقون(183)
    أياما معدودات فمن كان منكم مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر وعلى الذين يطيقونه فدية طعام مسكين فمن تطوع خيرا فهو خير له وأن تصوموا خير لكم إن كنتم تعلمون(184
    شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان فمن شهد منكم الشهر فليصمه ومن كان مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر ولتكملوا العدة ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم تشكرون
     (185):
    183. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
    184. (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. barangsiapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan[114], Maka Itulah yang lebih baik baginya. dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu Mengetahui.
    185. (beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, Maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), Maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.
  2. Puasa Wajib hal
     ialah melaksanakan puasa karena adanya sanksi/denda karena adanya sesuatu hal. Pada pelaksanannya puasa wajib hal adalah puasa kifarat. 
  3. Puasa wajib nafsi
    ialah puasa yang dilakukan berdasarkan atas kehendak hati sendiri. persamaan dengan shalat sunnat ialah shalat sunnat intizar. Puasa wajib nafsi adalah suatu ibadah yang wajib dikerjakan akan sesuatu permintaan yang bersyarat (menepati janji) dan disebut juga dengan nama puasa nazar.
  4. Puasa sunnah
    ialah menahan diri dari makan minum serta hal-hal yang membatalkannya mulai terbit fajar sampai terbenam matahari, bagi yang melaksanakannya mendapat pahala dan bagi yang meninggalkannya tidak mendapat dosa.
Macam-macam Puasa Sunnah
        a) Puasa Enam hari pada Bulan Syawal
           Puasa Enam Hari pada Bulan Syawal hukumnya sunnah. Jika kita melakukan puasa enam hari pada 
               bulan Syawal seolah-olah kita berpuasa satu tahun lamanya. Yang artinya:, bila kita berpuasa
               Ramadhan 30 hari dtambah puasa Syawal 6 hari, kemudian Allah melipatgandakan 10 kali lipat, maka jumlahnya
               menjadi 360. 
               Sabda Rosulullah SAW.
           Yang artinya::
               “Barang siapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan, kemudian ia berpuasa lagi enam hari pada
                      bulan syawal, maka ia seperti puasa sepanjang masa.” (HR. Muslim)

          b) Puasa Arafah
           Puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah. Tanggal 9 Dzulhijjan merupakan tanggal pertemuan    
              Nabi Adam & Siti Hawa yang pertama kali ke dunia. Orang yang berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah 
              (Puasa Arafah) akan dihapus dosanya setahun yang lampau dan setahun yang akan datang.
              Sabda Rosulullah S.A.W
              Yang artinya::
                “Puasa hari Arafah itu menghapuskan dosa dua tahun, dosa satu tahun yang lalu dan dosa satu tahun 
                  yang akan datang.”
        c) Puasa Senin – Kamis
               Puasa Senin – Kamis bisa menimbulkan jiwa sosial dan kasih sayang kepada orang tak mampu. Puasa
               Senin – Kamis berguna juga bagi seorang pelajar yang ingin mendapatkan ilmu yang bermanfaat.
               Sabda Rosulullah S.A.W
              Yang artinya::
              “Dari Aisyah RA, “Nabi Muhammad S.A.W memilih waktu untuk berpuasa sunah pada hari Senin dan
                Kamis.”
       d) Puasa Asyura
             Puasa Asyura merupakan puasa sunnah yang dilakukan setiap tanggal 10 Muharam. Jika kita melakukan anjuran              Rasulullah S.A.W dengan tulus dan ikhlas, maka Allah S.W.T akan menghapuskan dosa kita setahun lampau.
             Sabda Rasulullah S.A.W
             Yang artinya::
            “Puasa sunnah pada hari Asyura dapat menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu.” 
           next.....




Tidak ada komentar:

Posting Komentar